RSS

41. Nice Homework #5

17 Jun

Untuk NHW kali ini, peserta matrikulasi diminta untuk membuat desain pembelajaran bagi dirinya masing-masing. Masuk akal, karena kalau si ibu tak punya dasar road map pembelajaran bagi dirinya sendiri, bagaimana ingin mendidik anak-anaknya dengan terarah. Duuh, tiap NHW saya berasa dijewer deh. Anaknya ini (padahal sudah jadi emak) masih suka moody, tidak fokus dan tidak konsisten dengan target yang telah ditetapkan di awal.

Karena di NHW #5 tidak ada clue yang spesifik bagaimana membuat desain pembelajaran, maka saya googling terlebih dahulu apa itu desain pembelajaran dan bagaimana membuatnya. Website ini jadi acuan saya dalam membuat desain pembelajaran.

http://www.mediabelajar.cf/2013/06/model-model-desain-pembelajaran.html

Ada beberapa model yang bisa digunakan, antara lain: model Dick dan Carey, model ASSURE, model Gerlach dan Ely, model ADDIE, model Degeng, model PPSI, model J.E. Kemp, model Instructional System Design (ISD), dan Model Pengembangan Instruksional (MPI).

Dari sekian banyak metode, saya memilih model ADDIE untuk membuat desain pembelajaran. Selain pas di hati, metode ini juga sederhana. Saya tipe yang suka kepraktisan dan jelas alurnya. Kalau metode yang terlalu rumit, nantinya malah keblinger sendiri, hehe. Metode ADDIE merupakan model desain pembelajaran yang menggunakan 5 langkah sederhana, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.

Tiap orang adalah unik, jadi temukan desain pembelajaran yang sesuai dengan kepribadian dan kondisi dirimu. Berikut desain pembelajaran ala saya yaa.

ANALYSIS

Menganalisis kebutuhan untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat dan menentukan kompetensi siswa.

Kebutuhan saya adalah memahami ilmu agama Islam dengan baik dan menjadi wirausaha di bidang kuliner.

DESIGN

Menentukan kompetensi khusus, metode, bahan ajar, dan pembelajaran.

Ilmu agama Islam

Kompetensi khusus:

  • Menguasai cara membaca al-qur’an yang baik dan benar, dari sisi makhraj huruf dan tajwid.
  • Menguasai bahasa Arab
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah ilmu agama Islam, seperti fiqh, hadist, sirah nabawiyah, dll.
  • Memiliki kemampuan dalam hal menyampaikan materi keagamaan dengan baik.

Metode belajar:

Secara otodidak (online dan membaca buku) serta mengikuti kajian dan kursus yang terkait.

Bahan ajar:

  • Buku/kitab penunjang
  • Gadget untuk browsing materi secara online

 

Ilmu kuliner

Kompetensi khusus:

  • Menguasai teknik cooking dan baking dengan baik dan benar.
  • Memiliki kemampuan dalam hal manajemen bisnis kuliner.
  • Memiliki kemampuan dalam hal pemasaran produk.

Metode belajar:

Secara otodidak (online, membaca buku, dan praktek resep) serta mengikuti kursus yang terkait.

Bahan ajar:

  • Buku resep masakan & kue
  • Gadget untuk browsing materi secara online
  • Peralatan memasak yang memadai

DEVELOPMENT

Memproduksi program dan bahan ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.

Memproduksi bahan ajar?

Hmm, kalau saya lebih ke memperbanyak referensi semisal buku-buku kali ya.

IMPLEMENTATION

Melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan desain atau spesifikasi program pembelajaran.

Selain kegiatan belajar, di sini saya juga memasukkan kegiatan membuat jadwal belajar yang di-break-down ke bulanan, mingguan, dan harian. Hari ini fokus ke ilmu apa, besok tentang apa, dan seterusnya. Karena ada beberapa jurusan ilmu yang ingin saya tekuni, maka saya harus membagi waktunya. Waktu yang saya gunakan untuk kegiatan implementation ini 1 – 2 jam per hari.

EVALUATION

Melakukan evaluasi program pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.

Kegiatan evaluasi akan diadakan setiap 1 bulan sekali, me-review checklist kegiatan serta melibatkan suami sebagai second opinion. Karena jika dilihat dari sudut pandang saya pasti hasilnya oke-oke saja, hehe.

Sekian pembuatan desain pembelajaran ala saya. Semoga saya istiqomah dalam proses belajar menjadi individu, istri, dan ibu yang bahagia, aamiin 🙂

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

 
