RSS

Monthly Archives: December 2008

16. PPLS’08 in project – pra Lebaran

Berdasarkan keputusan, periode pendataan PPLS’08 diLaksanakan muLai tgL 1-30 September 2008,, Berbeda dari sensus ataupun survei2 yg biasa diLakukan oLeh BPS, kegiatan yg satu ini bertujuan untuk mengumpuLkan data2 rinci mengenai rumah tangga miskin,, Jika pubLikasi2 BPS sebeLumnya hanya menampiLkan seberapa besar jumLah orang miskin, nah untuk PPLS’08 ini akan dihasiLkan data rinci kondisi anggota rumah tangga yg masuk kriteria miskin,, Intinya PPLS’08 ini sebagai database kemiskinan Indonesia,, [untuk Lengkapnya baca posting “PPLS’08” aja y ^_^]

KaLo boLeh miLih, mending ikut peLatihan pranata komputer yg diadakan di Jakarta aja deh daripada terLibat daLam PPLS, hehe,, [serem euy seteLah mendengar berbagai kasus yg terjadi di sini pasca PSE’05],, Tapi, yg namanya kewajiban harusLah diLaksanakan,, Ayoo, maju terus pantang mundur! ^_^

SeteLah mengikuti peLatihan & menyiapkan daftar PPLS’08-LS, kini saatnya untuk berkoordinasi dgn Camat, WaLi Nagari, serta petugas pencacah,, ALhamduLiLLah, para aparat Kecamatan & Kenagarian mendukung serta siap membantu menyukseskan kegiatan ini,, PLotting petugas gmn? BukanLah haL yg mudah menentukan wiLayah kerja para petugas,, Gimana ga puyeng kaLo untuk Kecamatan pengawasanku & K’Andha ada 14 orang petugas yg disebar ke 4 Nagari [terdiri dari 32 Kampung; 4250 RTS],, Blom Lagi kebijakan yg menginginkan wiLayah kerja petugas2 bukan di Kampung tempat mereka tinggaL,, Whew, bikin ribet!

Koordinasi dgn aparat Kecamatan udah oke, petugas2 pun udah siap turun ke Lapangan,, Next step: pencacahan,, Sebaik-baik rencana yg disiapkan, eh adaa aja masaLah yg terjadi,, MuLai dari KepaLa Kampung yg ga bersedia menemani petugas pada saat pendataan, KepaLa Kampung & warga yg ga jujur saat dicacah, petugas2 yg ngotot nanya honor, Lokasi yg jauh dijangkau, serta kendaLa2 Lain yg bikin pusing kepaLa,, [bLom Lagi deadLine SPN,, Waduw, bisa Lebaran di Jakarta ga yaa,,]

Meski banyak masaLah, ALhamduLiLLah smua bisa teratasi,, Proses pendataanpun berjaLan Lancar,, [asiikk, bisa puLang ke rumah sesuai jadwaL, heuheu,,]

Trus, gimana keLanjutannya seteLah 1 buLan mendata?? Disambung ke “PPLS’08 in project – pasca Lebaran” yak ^_^

 
3 Comments

Posted by on December 28, 2008 in Daily Activities