RSS

Monthly Archives: July 2008

12. Susenas

Susenas atau Survei Sosial Ekonomi NasionaL merupakan saLah satu kegiatan rutin BPS tiap tahun,, Survei ini teLah terLaksana sejak tahun 1963,, Sejak tahun 1992, data yg dikumpuLkan meLaLui Susenas terbagi daLam 2 jenis; data kor (keterangan pokok) dan data moduL (keterangan khusus),, Data moduL dikumpuLkan bersamaan dengan data kor, dimana jenis moduL yg ditanyakan bergantian untuk tiap tahunnya,, Data moduL Susenas terdiri dari: moduL perumahan & kesehatan, moduL konsumsi & pengeLuaran rumah tangga, serta moduL pendidikan & sosiaL budaya,, Nah, untuk tahun ini giLirannya moduL konsumsi & pengeLuaran rumah tangga,,

Tujuan utama pengumpuLan data Susenas JuLi 2008 adaLah tersedianya data tentang kesejahteraan masyarakat daLam haL pendidikan, kesehatan, dan kemampuan daya beLi,, Sedangkan tujuan khususnya adaLah: (a) tersedianya data pokok tentang kesejahteraan masyarakat yg sangat dibutuhkan untuk perencanaan, monitoring, dan evaLuasi keberhasiLan pembangunan, (b) tersedianya data rinci tentang kesejahteraan rumah tangga seperti pendidikan, kesehatan, fertiLitas/KB, serta data kependudukan menurut goLongan umur, jenis keLamin, dan status perkawinan,,

Tiap moduL Susenas memiLiki tujuan tersendiri,, Untuk moduL konsumsi tujuannya antara lain: (a) mendapatkan informasi mengenai pengeLuaran rumah tangga baik makanan (seminggu yg LaLu) maupun bukan makanan (sebuLan dan 12 buLan yg LaLu), (b) meLihat poLa konsumsi penduduk, (c) menghitung jumLah penduduk miskin,,

-Sumber: buku pedoman pencacah Susenas 2008-

 
1 Comment

Posted by on July 23, 2008 in Daily Activities

 

11. Painanku sayang ^_^

TinggaL jauh dari orangtua dan jauh dari Lingkungan dimana aku besar, ternyata ga seburuk yang aku kira,, Ternyata SERU Lho tinggaL di kabupaten, apaLagi di Kabupaten Pesisir SeLatan [baca : Painan],, kLo dibandingin sama Jakarta, pastinya jauh beda,, Tapi, ambiL sisi2 positifnya aja!

SaLah satu keLebihan yang dimiLiki kabupaten ini adaLah pemandangan yang indah,, Kota ini dikeLiLingi oLeh bukit dan pantai,, So pasti viewnya bagus banget! ApaLagi kLo pagi hari,, Wuihh, udaranya masih fresh ^_^

Oia, kabupaten ini punya banyak objek wisata, ada Pantai Carocok, Bukit Langkisau, Jembatan Akar, dan Lain sbagainya, [promosi dikit ah,, itung2 untuk memajukan pariwisata daerah ^_^]

[asiikk,, nisa akan sering jaLan2 niy, heuheu]

Nah, karena suasana kota disini masih hijau, pas banget buat refreshing mata,, sejauh mata memandang di sepanjang jaLan terdapat pohon2 nan rindang, ada juga sawah2 yang muLai menguning karena sekarang udah memasuki musim panen,, Adem deh buat mata, ga sumpek ngeLiat rumah2 yang padat atau kios2 kaki Lima yang bikin macet jaLanan,, Tambahan, di kota ini banyak dijuaL rimbang a.k.a tekoka’, [apaan tuh?],, Bagi yang bLm tau, sayuran yang bentuknya mirip kacang poLong ini bagus untuk kamu2 yang berkacamata,,

[makin seneng nih nisa tinggaL di sini ^_^]

HaL unik yang ga bakaL ditemui di Jakarta adaLah hewan ternak yang berkeLiaran dengan bebas,, Hari2 pertama dateng ke sini aku sempat heran, koq kambing dan sapi diLepas gitu aja ya, emang si pemiLik ternak ga khawatir ternak2nya hiLang dicuri orang? Ternyata eh ternyataa, kebudayaan di sini emang gitu,, Keren yak, masyarakat di sini punya tingkat kesadaran yang tinggi,, ImpLikasinya adaLah tingkat kriminaLitas di sini cukup rendah,, [waLopun begitu, kita tetap harus seLaLu waspada; tidak berpenampiLan mencoLok, yang wajar2 aja,,],, Bisa dibiLang hidup di kota dengan nuansa pedesaan ^_^

KeLebihan Lainnya adaLah bertebarannya makanan2 favorit aku di sini, muLai dari sate padang, Lontong guLai sayur pakis, ketan durian, Lamang tape, bubur kampiun, dan Lain2,, Hmm, yummi yummi,,

[waduw, makin chubby aja niy pipiku, heuheu,,]

HaL Lain yang ga ketinggaLan untuk disebutkan adaLah teman2 yang asik pLus bapak2 ibu2 rekan kerja yang baik,, IniLah faktor utama yang membuat nisa betah jauh dari keLuarga,, Ga kebayang deh kLo hidup jauh dari keLuarga dan sahabat2, eh trus ga nemu teman yang enak untuk diajak ngobroL dan curhat,,

Smangat Nis! SeLaLu percaya kLo penempatan di sini merupakan yang terbaik yang diberikan ALLAH untukku ^_^

 
1 Comment

Posted by on July 18, 2008 in atashi

 

10. FinaLLy I cry,,

SeteLah hampir 3 buLan jauh dari rumah dan orang tua, akhirnya aku menangis juga,, Penyebabnya tak Lain dan tak bukan karena jatuh dari motor [cengeng banget yak, hehe,,]

ALhamduLiLLah ga knapa2, cuma Lecet dikit,,

Pesan moraL : hati2 mengendarai motor disaat hujan, karena Lubang2 yg ada di jaLan bakaL tertutup oLeh genangan air,, Oiaa, seLaLu pake heLm y!

 
2 Comments

Posted by on July 17, 2008 in atashi